Metode Pengajaran Bahasa Komunikatif
(al-Madkhal
al-Ittishaliy)
no
|
Prinsip
|
Pengalaman belajar
|
1
|
Pada metode ini
penyajian materi dan aktivitas-aktivitas dalam kelas harus
berorientasi/berpusat pada pelajar
|
Didalam
kelas guru hanyalah sebagai penyuluh/ penganalisis kebutuhan siswa, guru
tidak dibenarkan menguasai kelas
|
2
|
Tujuan
penting penggunaan metode ini adalah agar siswa mampu berkomunikasi dengan
bahasa target yang baik dan lancar
|
Guru
mengajak siswa untuk berkomunikasi dengan BT dan materi yang di jadikan bahan
adalah aktivitas-aktivitas yang realistis
|
3
|
Keterampilan
utama yang dikembangkan adalah siswa dapat bercakap seperti si penutur
asli.
|
Guru
menyediakan bahan otentik berupa materi yang diambil dari surat kabar atau
majalah dan percakapan yang sesungguhnya(percakapan penutur asli yang
direkam).
|
Metode Respons Psikomotorik Secara Menyeluruh
(al-madkhal al- tafa’uliy)
no
|
prinsip
|
Pengalaman belajar
|
1
|
Target fundamental
dari pembelajaran bahasa asing pada metode ini adalah siswa dapat berbicara
bahasa target dengan lancar dan menyerupai bahasa aslinya
|
Guru
memberikan kosakata setiap harinya yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari
|
2
|
Dalam
metode silabus pelajaran di tentukan sendiri oleh keadaan yang sedang terjadi
|
Setiap
pertemuan guru memberikan penawaran tentang materi yang akan dibahas baik
melalui Koran maupun yang sedang terjadi.
|
3
|
Tujuan
yang dicapai pada metode ini adalah siswa dapat menguasai kalimat dan dapat
berbicara dengan baik dan benar
|
Setiap
pertemuan guru memberikan kalimat yang pendek, sederhana dan bisa
divisualisasikan di kelas
|
4
|
Keterampilan
utama yang dikembangkan adalah siswa dapat berbicara dengan melihat situasi
yang terjadi
|
Setiap
pertemuan gur setiap kalimat yang diberikan melalui gerakan badan oleh siswa
maupun guru.
|
METODE GURU DIAM
(al- Thariqah al-Shamitah)
no
|
prinsip
|
Pengalaman belajar
|
1
|
Target fundamental
dari pembelajaran bahasa asing pada metode ini adalah siswa dapat menguasai
bahasa dalam waktu satu tahun dan akan mudah menguasai bahasa yang lainnya
|
Guru
membawa sebatang kayu atau benda lain kemudian menunjukkannya kepada
siswa sambil mengucapakan basaha asing kayu sampai bebrapa kali.
|
2
|
Tujuan
yang dicapai pada metode ini adalah siswa dapat lebih aktif dalam belajar dan
menguasai bahasa yang dipelajari.
|
Setiap
pertemuan guru hanya mendemonstrasikan beberapa kata lalu selanjutnya guru
lebih banyak diam, guru hanya menggeleng bila siswa salah dan mengangguk bila
siswa benar.
|
3
|
Keterampilan
utama yang dikembangkan adalah siswa dapat mengutak-atik kata dalam
konstruksi yang brbeda-beda, walaupun kosakatanya hanya sedikit berbicara
dengan melihat situasi yang terjadi
|
Setiap
pertemuan guru membatasi jumlah kosakata yang disajikan.
|
Belajar Bahasa Berkelompok
(Thariqah Ta’allum al-Lughah fi al-Mujtama')
no
|
prinsip
|
Pengalaman belajar
|
1
|
Target fundamental
dari pembelajaran bahasa asing pada metode ini adalah siswa memiiki percaya
diri tinggi, merasa aman atau hilangnya perasaan negatif.
|
Pada
metode ini guru hanya sebagai counselor yang hanya memantau siswa tanpa
harus ikut campur didalamnya , kecuali jika siswa bertanya.
|
2
|
Tujuan
yang dicapai pada metode ini adalah siswa dapat menguasai kosakata dan dapat
berbicara dengan baik dan benar dengan penuh percaya diri
|
Pada
pertemuan pertama guru hanya memberikan bimbingan kepada siswa untuk
berbicara tentang pengalamannya dengan bahasanya sendiri, setelah terbiasa
siswa sudah merasa terdorong oleh rekannya untuk berbicara dengan menggunakan
bahasa asing.
|
3
|
Keterampilan
utama yang dikembangkan adalah siswa memmpunyai rasa aman dan memiliki rasa
gotong –royong terhadap rekannya
|
Dalam
metode ini guru hanya sebagai counselor, jika siswa sudah terbiasa
dengan bahasa target, maka siswa sedikit demi sedikit akan mandiri dan tidak
tergantung lagi pada guru. Pada waktu inilah terjalinnya rasa gotong-royong
pada siswa. secara otomatis rekanyalah yang akan memberikan
|
Pendekatan Alamiah
(al- Madkhal al-Insaniy)
No
|
Prinsip
|
Pengalaman belajar
|
1
|
Target fundamental
dari pembelajaran bahasa asing pada metode ini adalah siswa dapat berbicara
bahasa target walaupun tidak seperti sipenutur asli
|
pada
tahap ini siswa hanya menyimak saja, sedangkan materi sudah disiapkan
sebelumnya oleh guru dan siswa tinggal memilih materi yang sudah disediakan
|
2
|
Dalam
metode ini tidak ditekankan untuk berbicara secara gramatika, tetapi
penekanan pada perluasan kosakata
|
Setiap
pertemuan guru mengulang kata yang sudah diberikan pada pertemuan yang lalu, misalnya:setiap
masuk kelas guru berkata “apa kabar anak-anakâ€(memakai BT)
|
3
|
Tujuan
yang dicapai pada metode ini adalah siswa segera tuntas berbahasa dalam
bahasa yang sedang dipelajari
|
Guru
memberikan permainan yang mengacu pada penggunaan bahasa.
|
Suggestopedia
(al-Thariqah al-Iha’iyah)
no
|
prinsip
|
Pengalaman belajar
|
1
|
Target fundamental
dari pembelajaran bahasa asing pada metode ini adalah siswa dapat menguasai
kosakata dalam jangka waktu yang singkat.
|
Setiap
kelas hanya 12 orang siswa saja,guru memberikan kosakata setiap pertemuan
danmengulangnya kembali pada pertemuan yang akan dating.
|
2
|
Tujuan
yang dicapai pada metode ini adalah siswa dapat menguasai kosakata dan dapat
berbicara dengan baik
|
Tiap
pertemuan dibagi menjadi tiga bagian, pertama dipakai untuk mengulang bahan
pelajaran yang lalu. Kedua guru menyajikan bahan baru dalam bentuk
dialog, yaitu bahan disajikan dan diperagakan oleh guru.
|
3
|
Keterampilan
utama yang dikembangkan adalah siswa dapat merasakan ketenangan yang luar biasa
dan dapat menyerap pelajaran dengan mudah.
|
Sebelum
siswa memulai pelajaran , siswa dimnta untuk melakukan yoga agar terhimpun
kemampuan yang luar biasa.
|
sumber : http://groups.yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar