Label

Jumat, 19 Desember 2014

6 Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut Untuk Kesehatan




Ilustrasi rumput laut. ©Shutterstock/Gayvoronskaya_Yana
Rumput laut adalah salah satu jenis dari makanan laut yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Semua jenis rumput laut mulai dari Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, hingga Nori dikenal kaya akan protein yang baik untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat dari mengonsumsi rumput laut seperti dilansir dari magforwomen.com.

Kaya akan vitamin
Rumput laut dikenal sebagai makanan sehat karena mengandung vitamin A, vitamin B 12, kalsium, zat besi, kalium, dan yodium. Bahkan kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut lebih banyak daripada kandungan kalsium di dalam daging sapi, brokoli, dan susu.

Menjaga kesehatan tiroid dan hormon lainnya
Kandungan yodium yang ada di dalam tiroid dapat menjaga kesehatan tiroid Anda dan fungsi fisiologis tubuh lainnya. Tanpa adanya yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

Kaya akan serat
Rumput laut kaya akan serat larut yang mudah diserap oleh tubuh. Selain itu serat yang ada di dalam rumput laut mampu meningkatkan bakteri baik di dalam perut sehingga pencernaan Anda tetap sehat.

Mengurangi berat badan
Rumput laut sama sekali tidak memiliki kandungan lemak atau kalori. Kandungan yodium di dalam rumput laut juga mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid tubuh Anda. Kelenjar tiroid tersebut mampu mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Terlebih lagi mineral yang ada di dalam rumput laut mampu menghancurkan sel-sel lemak di dalam tubuh.

Mencegah kanker
Rumput laut mengandung zat anti oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini dikenal mampu memperlambat pertumbuhan tumor. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker usus besar.

Mampu mendetoks tubuh
Rumput laut cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Hal ini karena di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detos secara alami.

Ada begitu banyak manfaat yang ada di dalam rumput laut untuk kesehatan Anda. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi rumput laut atau makanan yang mengandung rumput laut.











sumber : http://www.merdeka.com/

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca