Label

Rabu, 15 Mei 2013

Alat-Alat Lukis

CAT MINYAK
http://alfhadl.files.wordpress.com/2013/02/cat.jpg https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnR_DW-r-AVXVjTcaB6EqahX5EMsl8Ttt8_ZHiJ-khTV9iwwggDFZcuJH9ITFR77c8I44Xh8R-qqDAf3QSl3Kh5mhVcqVfdpVUSbE1J1DJ08CvQ-N_AqFmfVx6d2JAd9l8asJtTtMGP2E/s1600/IMG_3103.JPG
Cat minyak, disarankan untuk memakai merk marries, karena gampang mencarinya :) , tapi disarankan untuk warna putih beli ukuran yang besar, karena selain digunakan untuk melukis juga untuk memperbaiki kesalahan lukisan dan membuat warna lebih soft (dengan mencampur warna tertentu dengan warna putih).

KUAS

 
 Berkas:Brushtypes.jpg
Kuas untuk melukis ukurannya bermacam-macam, biasanya ada nomor urutannya. Disarankan untuk mencari kuas yang berkualitas baik Biasanya ujung sikat kuasnya berwarna krem, dan tidak kaku (lentur).


PALET 
Tempat untuk menampung dan menyampur cat. Pilih palet yang permukaannya licin karena tidak akan menyerap minyak.




KANVAS 
Kanvas adalah salah satu media lukis dengan menggunakan cat minyak (bisa juga cat acrylic). Terdapat berbagai ukuran dan jenis kainnya. Semakin bagus, semakin mahal :) .Kanvas ada yang berupa gulungan. Biasanya kanvas gulungan harganya lebih murah. 


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyHpc50aJ09nZNDrObPfv6Q9KaBqcfSIdiCLnPUiwTh2SNb5I8byUj-293knL69V03WdHwWZEMAaZ45RBDAy1hIl1eKbsho2zOQ7J12mtOIQ_VZsQqpsdXMrs_6ytS4iexgabBtuViGHny/s1600/canvas.jpg





PISAU PALET (PALETTE KNIFE) 
Alat untuk meratakan cat minyak dan membuat efek pada lukisan. Ukuran palette knifenya juga bervariasi.  




STANDING/EASEL 
Tempat untuk meletakkan kanvas, jadi dengan easel melukis jadi lebih mudah. Biasanya terbuat dari kayu, tapi sekarang ada yang terbuat dari besi.    




PENGENCER CAT MINYAK (REFINED LINSEED OIL) 
Jadi sebelum cat minyak diaplikasikan di kanvas, cat tersebut harus di campur dengan pengencer cat minyak di atas palet ( tergantung kebutuhan ).  
 

 

THINNER 
Thinner digunakan untuk membersihkan kuas yang sudah tercampur dengan cat sehingga menjadi bersih kembali, dan gampang bila ingin menggunakan kuas kembali.  
 

 

TEMPAT KUAS 
Tempat untuk meletakkan kuas, disarankan untuk menggunakan dua tempat berbeda, yang satu untuk meletakkan kuas yang dipakai dan satu lagi digunakan sebagai wadah untuk membersihkan kuas yang telah dipakai dengan menggunakan thinner.


 LAP 
Penggunan lap tidak terlalu penting, tapi lap juga penting untuk mengeringkan kuas yang sudah dibersihkan dengan thinner.  
 

RETOUCH VARNISH 
Ada dua bentuk, yang satu dalam bentuk spray satu lagi bentuknya cair (sejenis minyak). Kegunaannya sebenarnya untuk finishing touch. Kalau yang bentuk spray, itu untuk membersihkan lukisan akibat debu atau noda karena sudah lama disimpan. Kalau varnish yang sering dipakai untuk finishing touch itu yang bentuknya cairan, cukup oleskan secara rata di lukisan yang sudah jadi dan kering tentunya.  
 


CHARCOAL PENCIL 
Sering disebut pensil lukis, harganya lumayan untuk sejenis pensil tapi pensil ini cukup awet dan sangat cocok buat menggambar draft lukisan, tapi sepertinya pensil ini tidak ada penghapusnya. Pokoknya keren banget kalau digunakan untuk membuat lukisan hitam putih atau draft di kanvas.




SKETCHING STOOL 
Bagi yang suka travelling kursi ini cocok untuk melukis outdoor, sayangnya kalau di Indonesia jarang banget ada yang jual.  Kursi ini serba guna, selain untuk duduk, di bagian belakang ada tempat menyimpan peralatan melukis, terus gampang disimpan.


 




















sumber : http://street-work.blogspot.com/ 
             http://galleryanakdesa.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca