Label

Rabu, 30 April 2014

Manfaat Jeruk Lemon dalam Masakan, Kesehatan, Perawatan dan Kesehatan




Lemon Untuk Masakan


Banyak ibu-ibu yang menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkan bau amis ikan dan juga untuk menghilangkan lemak yang tersisa dalam piring atau mangkok makanan. Namun tidak hanya itu saja, jeruk lemon ternyata punya segudang manfaat, termasuk untuk sayuran.

Seperti yang dilansir Howstuffworks, berikut adalah beberapa manfaat jeruk lemon untuk masakan Anda:

Masak nasi – mempertahankan aroma

Beras adalah makanan pokok terbesar di dunia. Untuk mempertahankan aroma beras, Anda bisa memberi dua sendok makan jus lemon atau air perasan dari separuh buah lemon ke dalam air untuk menanak beras. Cara seperti ini telah dilakukan di India sejak lama karena sebagian besar masakan India memakai jeruk lemon, pada kari maupun hidangan tradisional lainnya. Fungsi lain dari jeruk lemon adalah menjadikan beras berwarna putih cemerlang.

Daging ayam – mempertahankan rasa

Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia. Dada ayam merupakan pengganti daging merah untuk mengurangi asupan lemak tubuh Anda. Untuk persiapannya, pastikan juicy daging ayam tidak berkurang dan rasanya tidak hambar dengan menggosokkan irisan jeruk lemon di atasnya.

Sayuran – mempertahankan warna

Sayuran memiliki manfaat kesehatan yang besar. Sayangnya, masalah terlalu lembek kadang terjadi saat memasak sayuran. Sayuran juga mungkin kehilangan warna saat dimasak di dalam air mendidih. Brokoli dan paprika hijau, merupakan sayuran yang kerap hilang warnanya. Nah, untuk mempertahankan warnanya, maka Anda bisa memberi jus atau perasan jeruk lemon ke dalam rebusan sayur.

Pengganti mentega susu

Mentega susu (buttermilk) kerap dipakai pada pengolahan kue, dengan rasa asam mirip yoghurt. Untuk mendapatkan rasa asam alami, Anda bisa menggantinya dengan air perasan jeruk lemon. Cukup pakai dua sendok makan air perasan jeruk lemon. Tambahkan dengan susu rendah lemak sekira satu hingga dua persen dan komposisi bahan secara keseluruhan. Kemudian, diamkan selama 15 menit. Sensasi rasa asam yang dihadirkan tidak akan kalah dengan mentega susu.




Lemon untuk Kecantikan, Perawatan dan Kesehatan

Orang Mesir kuno percaya bahwa makan dan minum jus lemon adalah perlindungan yang efektif terhadap berbagai racun, dan ternyata hasil penelitian pun menyebutkan hal yang sama.

Lemon sangat kaya akan vitamin C, maka dari itulah lemon sangat bermanfaat bagi kesehatan. Yang pertama adalah lemon merupakan 'antibakteri, antivirus dan menambah kekebalan tubuh. Yang kedua Lemon digunakan untuk menurunkan berat badan karena jus lemon dapat memperlancar pencernaan dan membersihkan hati. Lemon mengandung banyak zat - yang paling utama adalah asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonene - yang dapat menambah kekebalan tubuh dan melawan infeksi.


Berikut adalah manfaat lemon untuk kecantikan, perawatan dan kesehatan.

Mengobati Jerawat
Lemon mengandung asam sitrat, yang dapat efektif dalam mengobati jerawat. Hal ini dikarenaka, Vitamin C yang terkandung didalamnya dapat membuat kulit cerah dan sehat, sementara sifat alkali didalamnya dapat membunuh beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.
Meminum jus lemon dengan air di pagi hari akan sangat bermanfaat tapi harus diperhatikan untuk penderita Mag karena keasamannya dapat membuat perut perih apalagi jika belum makan, maka ada baiknya mengkonsumsi perasan lemon dan air hangat ini setelah makan. Selain diminum pengobatan jerawat buatan sendiri menggunakan lemon dapat dilakukan dengan cara:
Dengan jari atau bola kapas, oleskan jus lemon segar pada jerawat dan biarkan semalam. Cuci dengan air keesokan harinya. Hal ini mungkin akan membuat tidak nyaman karena akan terasa perih pada awalnya, tetapi akan segera menghilang.
Campurkan satu bagian jus lemon segar dengan bagian yang sama dari mawar atau air madu. Masukkan campuran tersebut pada daerah yang berjeraawt kurang lebih setengah jam. Setelah itu bilas dengan air dingin. Metode ini harus diulang dua kali sehari, idealnya di pagi dan sore hari.

Catatan: obat-obat ini aman dan alami, tetapi jika jerawat parah atau ada luka, untuk menghindari terjadinya infeksi konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.


Sebagai Aromateraphy / Rileksasi
Penelitian telah menunjukkan bahwa lemon balm memiliki efek menenangkan dan dapat membantu menghilangkan kelelahan,kelelahan, pusing, cemas, gugup, dan ketegangan. Hal ini juga percaya bahwa menghirup minyak lemon dapat membantumeningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Oleh karena itu dapat digunakan sebagai penyegar ruangan di kantor untuk meningkatkan efisiensi karyawan. Jika Anda merasa tegang taburi beberapa tetes minyak esensial lemon balm.


Mencerahkan Wajah
Kandungan yang terdapat dalam lemon pun ternyata sangat bermanfaat untuk wajah karena dapat menghaluskan kulit, mengecilkan pori-pori, mencerahkan wajah secara alami. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam merawat wajah menggunakan lemon misalnya saja.
Peras lemon, lalu usapkan sari lemon tersebut ke wajah sampai merata (hindari bagian mata untuk memperkecil resiko sari lemon masuk ke mata). Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.
Bersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan wadah yang berisi 1 kotak kecil batu es, masukan sari lemon dalam wadah tersebut. Usapkan batu es yang sudah berlumur sari lemon tersebut ke wajah. Sesekali cocol kembali batu es ke sari lemonnya. Setelah batu es habis bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. Sensasi dinginnya membuat wajah terasa fresh serta pori-pori terasa kecil. Lakukan metode ini pada malam hari menjelang tidur dan lihat perbedaannya keesokan paginya.
Tambahkan sari wortel untuk mendapatkan vitamin A yang bagus juga untuk kulit ke dalam perasan Lemon, lalu usapkan pada wajah setelah didiamkan beberapa saat bilas wajah dengan air dingin.
NB: Jika sejak pemakaian terdapat iritasi atau keadaan kulit bertambah parah, hendaknya segara hentikan pemakaian.


Anti Ketombe
Lemon dapat bermanfaat juga mengusir ketombe, caranya belah lemon menjadi 4 bagian lalu gosokan bagian dalam lemon ke kulit kepala secara merata (akan terasa agak perih jika terkena bagian kulit kepala yang luka) diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat dan keramaslah.

Membersihkan Kuku
Kuku menguning karena terlalu sering menggunakan kuteks? Rendam kuku dalam perasan lemon selama 5 menit dan kuku Anda akan bersih seperti semula. Agar noda tidak kembali muncul, biasakan memakai base coat sebelum mengoleskan kuteks.


Penyegar Nafas
Berkumur dengan campuran perasan lemon dan air putih dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Dapat juga dengan cara menghisap potongan lemon, kemudian meminum air putih setelahnya.


Menyembuhkan Penyakit Kulit
Penyakit kulit seperti eksim dan kutu air ternyata bisa juga lho diobati dengan lemon. Caranya :
Cuci kaki hingga bersih lalu teteskan perasan lemon di sela jari kaki yang gatal lalu rendam kaki dalam air hangat.
Tambahkan 8 tetes sari lemon ke dalam 1 cangkir (250 ml) air hangat dan 1 sendok makan (15ml) madu cair. Madu jugamemiliki efek anti-inflamasi yang dapat menyembuhan. Rendam kain dalam cairan, remas dan tempatkan kain pada daerah yang terinfeksi selama 15 menit, 2 sampai 3 kali sehari.
Membuang Racun Lewat Urin
Jeruk lemon juga dapat membantu untuk membuang zat zat yang tidak berguna di dalam tubuh. air perasan jeruk lemon dapat meningkatkan jumlah urin dan membuah zat zat yang tidak berguna melalui urin.


Melangsingkan Badan
Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari dan bagi penderita darah rendah dan mag dianjurkan mengkonsumsinya setelah makan.


Menghilangkan Lendir di Tenggorokan
Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.




























sumber : http://www.inicaraku.com
             http://retara89.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca