Label

Minggu, 20 April 2014

Mau Berperang, Meteor Jatuh di Tengah Pertempuran Membuat Pasukan Bubar




Peperangan batal terjadi karena sebuah meteor jatuh di tengah medan pertempuran. Kedua pasukan pun lari tunggang-langgang.

Kerajaan Roma berkembang pesat dan terus meluaskan kekuasaan politiknya ke wilayah Timur melalui Asia Kecil. Beberapa kerajaan merdeka di wilayah tersebut dengan gigihnya melawan tirani dari kerajaan Roma yang terkenal “haus kekuasaan”. Salah satunya adalah Kerajaan Pontus.



Berpusat di Sinope, dekat Laut Hitam, yang kini terletak di Turki modern, Kerajaan Pontus adalah kerajaanHellenistik (bercorak budaya campuran Persia-Yunani) yang berdiri tahun 281 Sebelum Masehi.

Kerajaan Pontus mencapai puncak keemasaannya pada masa kekuasaan Raja Mithridates VI. Dia mempunyai agenda politik yang anti terhadap segala hal berbau Romawi. Peperangan pun terjadi.

Sejarah mencatat telah terjadi tiga kali peperangan antara Kerajaan Pontus dan Kerajaan Roma yang dikenal dengan nama Perang Mithridatic, yang terjadi pada :

- Perang Mithridatic I (88 – 84 SM).

- Perang Mithridatic II (83 – 81 SM).

- Perang Mithridatic III (75 – 63 SM).


Wilayah Pontus di selatan Laut Hitam yang kini menjadi wilayah Turki

Perang Mithridatic III dipicu oleh kegagalan Raja Mithridates VI dari Kerajan Pontus saat ingin menjatuhkan Raja Nicomedes IV dari Bithynia, kerajaan Hellenistik di pesisir Laut Hitam yang dikendalikan Roma.

Kegagalan ini membuat Roma ikut campur, bahkan berupaya balik menjatuhkan Raja Mithridates VI dan sekaligus menjadikan Kerajaan Pontus yang kaya sebagai provinsinya. Lucius Licinius Lucullus, seorang politisi, memimpin pasukan Roma dalam Perang Mithridatic III.

Pada suatu waktu antara tahun 74-70 SM, Lucullus sang politisi sekaligus pemimpin pasukan bermaksud melakukan serangan mendadak ke Kerajaan Pontus ketika Raja Mithridates VI sedang pergi dengan pasukannya.


Pasukan Kerajaan Pontus (ilustrasi).

Namun info ini sepertinya bocor dan terdengar lawannya, Lucullus justru dikejutkan oleh kemunculan pasukan Pontus yang telah siap sedia dan dipimpin oleh Raja Mithridates VI. Kedua pasukan pun mau tak mau bersiap untuk perang di wilayah Otroea, lokasi kala ini dekat Danau Iznik di Turki modern.

“Ketika kedua pasukan sedang bersiap-siap untuk bertempur, tiba-tiba langit tampak bagaikan terbelah dan di antara kedua pasukan jatuhlah sebuah meteor besar yang terbakar, bentuknya menyerupai sebuah tong berwarna perak yang panas,” ujar Plutarch, sejarawan Yunani, seperti dikutip James Ussher dkk dalam The Annals of the World, Volume 1.

Kedua pasukan terkejut dan memilih lari tunggang-langgang menyelamatkan diri masing-masing untuk meninggalkan medan perang.


Patung Mithridates VI (kiri) dan Lucius Licinius Lucullus (kanan). (historia.co.id)

Mereka menafsirkan fenomena alam ini sebagai pertanda buruk dari dewa mereka masing-masing.

“Adalah benar jika orang-orang Roma pada masa itu takut dengan komet, bintang jatuh, dan meteor,” tulis Adrienne Mayor dalam The Poison King: The Life and Legend of Mithradates, Rome’s Deadliest Enemy.

Sejarawan modern masa kini kerap melupakan peristiwa itu. Namun Richard Stothers, seorang peneliti NASA yang ahli dalam mengobservasi peristiwa-peristiwa astronomi di masa kuno, memiliki sedikit penjelasan mengenai jenis meteor yang jatuh tersebut.

“Karena ada ribuan saksi yang melihat dari jarak dekat, Stothers meyakini laporan dari Plutarch otentik. Munculnya cahaya yang amat menyilaukan di siang hari itu mengindikasikan besarnya dampak getaran yang dihasilkan meteor ini. Stothers mengestimasi ukuran lingkar objek tersebut lebih dari 4 kaki (atau lebih dari satu meter, tepatnya 121 cm),” tulis Adrienne.


Mithridates and his troops were defeated by Romans and the king had to go into exile

Perang antara Lucullus dan Raja Mithridates VI pun menjadi batal karena peristiwa ini. Dan nasib buruk pun telah menimpa mereka setelahnya.

Karena dianggap tak kompeten, Lucullus dicopot dari jabatannya sebagai pemimpin pasukan.

Dia digantikan Pompey, jenderal Roma yang kemudian menaklukkan Kerajaan Pontus dan mengakhiri Perang Mithridiatic III.

Sedangkan Raja Mithridates VI yang memimpin Pontus memilih bunuh diri daripada tertangkap pasukan Roma.

Wilayah Kerajaan Pontus terkenal akan kesuburan alamnya, salah satunya adalah buah Cherry, yang dibawa dari Kerajaan Pontus ke Eropa sejak tahun 72 Sebelum Masehi dan menjadi salah satu buah yang terkenal di dunia hingga kini.

(The Annals of the World / The Poison King: The Life and Legend of Mithradates, Rome’s Deadliest Enemy/Patung Mithridates VI/ pic: historia)
Sardes Gymnasium, peninggalan Raja Mithridates VI



Kerajaan Pontus.














sumber : http://indocropcircles.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca