Label

Sabtu, 28 Februari 2015

14 Struktur Kuno dari Masa Depan


Nan Madol
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (II)Nan Madol adalah sebuah jaringan rumit pulau-pulau kecil dan kanal buatan manusia yang sangat menarik, yang dibangun ribuan tahun yang lalu di atas dangkalan di pinggir Pulau Pohnpei, Mikronesia. Legenda setempat mengatakan bahwa pembangun kota kuno in pasti menggunakan sihir karena secara fisik dan teknologi tidak mungkin untuk memindahkan batu yang beratnya sampai 50 ton dan menegakkan batu-batu tersebut sedemikian rupa.
Para pelaut Eropa tahun 1800-an kemungkinan adalah orang asing pertama yang datang ke Nan Madol. Sedemikian takjubnya mereka dengan pemandangan Nan Madol sampai-sampai mereka menjuluki jaringan pulau itu sebagai ‘Venesia-nya Laut Pasifik Selatan’.

Gua Sibudu
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (II)Gua Sibudu di Afrika Selatan adalah rumah bagi banyak artefak tertua di dunia yang diperkirakan berusia 77 ribu tahun. Di dalamnya terdapat berbagai alat untuk memudahkan atau membuat nyaman penghuninya bertahan hidup. Ada tikar, mata panah, alat masak, jebakan binatang bahkan sisa-sisa pembuatan lem.
Meski arkeolog hanya bisa meneliti 10 persen dari Gua Sibudu, mereka telah menyimpulkan bahwa manusia yang tinggal di gua itu telah melakukan banyak sekali pekerjaan rumit yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya.
Meskipun ada tombak yang lebih tua dari yang ditemukan di Sibudu, penemuan tersebut merupakan hasil pengembangan pemikiran kognitif pada manusia yang sangat maju. Yang mengherankan, terdapat jarum jahit yang menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di Gua Sibudu adalah orang berakal dan cerdas.

Lingkaran Goseck
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (II)Lingkaran Goseck adalah salah satu landmark yang paling misterius di Jerman. Lingkaran Goseck adalah struktur neolitik di Goseck di distrik Burgenlandkreis, Saxony-Anhalt, Jerman. Terdiri dari satu set saluran konsentris sepanjang 75 meter dan dua cincin Palisade berisi gerbang di tempat-tempat tertentu.
Lingkaran ini dikenal sebagai observatorium matahari paling awal yang menunjukkan bahwa orang-orang Eropa zaman neolitik dan zaman perunggu, mengukur langit jauh lebih awal dan lebih akurat dari yang diperkirakan sebelumnya. Ditemukan pada tahun 2002, Lingkaran Goseck diperkirakan berusia lebih dari 7000 tahun.
Banyak ilmuwan percaya bahwa Lingkaran Goseck dibangun untuk dijadikan sebagai semacam kalender matahari atau kalender bulan primitif, namun penggunaan pastinya masih menjadi sumber perdebatan.

Newgrange
Newgrange adalah makam kuno di County Meath, Irlandia yang dibuat pada Masa Neolitikum atau 3200 SM. Newgrange usianya lebih tua dari Stonehenge atau Piramida. Situs ini berbentuk gundukan besar yang dikelilingi oleh 97 batu pemisah. Bagian pintu masuk terdapat batu yang berisi pahatan relif zaman megalithik.
Bagian dalam gundukan terdiri dari sebuah ruang makam yang dihubungkan dengan lorong panjang dan berakhir ke pintu masuk. Atap gundukan tetap tahan air untuk 5000 tahun terakhir karena dibangun dengan menumpuk batu-batu hingga benar-benar tertutup.
Newgrange sudah diketahui sebagai situs keagamaan tetapi aspek yang paling menarik dari bangunan ini adalah ruang di atas pintu masuk atau disebut "kotak atap". Saat fajar pada tanggal 21 Desember setiap tahunnya (Musim Dingin Solstice), matahari memasuki gundukan melalui kotak atap ini, menerangi seluruh bagian dengan akurasi. Hal ini meniimbulkan teka-teki bagi para arkeolog sepanjang tahun.

Antikythera
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (II)Alat mekanik Antikythera bisa dibilang sebagai komputer analog yang ditemukan di bangkai kapal Yunani pada tahun 1900. Alat ini digunakan untuk menentukan posisi benda-benda angkasa menggunakan sejumlah gear perunggu yang dirangkai secara rumit.
Yang sulit dipercaya adalah alat ini dibuat 100 tahun sebelum kelahiran Yesus dan lebih dari 1.000 tahun sebelum semua penemuan dengan segala kerumitannya ditemukan kembali.
Alat ini juga muncul sebelum ilmu modern tentang astronomi dan fisika menghampiri kita. Alat mekanik Antikythera dibuat 1.600 tahun sebelum Galileo dan 1.700 tahun sebelum Isaac Newton lahir.
Para ahli pun hingga sekarang belum tahu bagaimana alat secanggih ini bisa berada di zaman ketika teknologi masih belum berkembang secara besar-besaran.

Petra
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (II)
Kota batu kuno Petra dibangun sekitar tahun 300 SM oleh suku Nabatean di gurun Yordania. Kota yang dibentuk dengan menggali dan mengukir batu cadas ini memiliki fasilitas kuil, makam, rumah dan bahkan saluran air. Pada saat konstruksi tengah berlangsung, Petra adalah rumah bagi sekitar 20.000 suku Nabatean.
Begitu luas dan dalamnya, para arkeolog masih baru menemukan sekitar 15 persen dari kota ini dan sisanya masih terkubur di bawah tanah.

Stonehenge
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (II)Stonehenge berusia lebih dari 5000 tahun dan berdiri di pedesaan Inggris. Struktur ini diperkirakan dibuat dalam tiga tahap yang memakan waktu lebih dari 30 juta jam kerja untuk menyelesaikannya.
Tahap pertama melibatkan penggalian lubang besar berdiameter sekitar 1 meter dan kedalaman 1 meter. Stonehenge mungkin digunakan untuk upacara keagamaan karena arkeolog telah menemukan sisa kremasi manusia terkubur dalam lubang batu kapur tersebut.
Tahap 2 yang dimulai hampir seribu tahun kemudian melibatkan pemindahan dan pendirian batu-batu bluestones yang beratnya mencapai 4 ton dari Tenggara Wales. Jarak Wales ke lokasi Stonehenge sendiri sekitar 240 mil melalui darat dan air.
Batu-batu Sarsen, yang beratnya sampai 50 ton, tiba di lokasi sekitar 2000 SM dan ahli yang modern telah memperkirakan bahwa setiap batu-batu ini memerlukan sekitar 500 orang untuk memindahkan dengan tali kulit.
Akhirnya sekitar 1500 SM, batu-batu itu telah disusun berbentuk bulan sabit dan lingkaran seperti yang kita lihat hari ini. Ukuran dan berat batunya saja akan membuat bingung arkeolog modern dalam membayangkan bagaimana manusia purba bisa membangun situs seperti itu hanya dengan kekuatan fisik mereka sendiri.

Prajurit Terracotta
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (I)Prajurit Terracotta (prajurit tanah liat) merupakan kumpulan patung prajurit terracotta seukuran manusia yang berjumlah 8 ribu yang dibuat sekitar 210 SM oleh kaisar pertama Tiongkok, Qin Shi Huang.
Patung-patung tersebut dibuat untuk melindungi makam kaisar dan kaisar di akhirat. Ditemukan pada 1974, patung-patung ini dibuat dengan ukuran berbeda sesuai dengan pangkat mereka. Selain patung prajurit, terdapat 130 kereta perang lengkap dengan 520 kuda dan 150 kavaleri.
Pembangunan Prajurit Terracotta dipercaya melibatkan 700 ribu orang dan memakan waktu lebih dari 40 tahun.

Akuaduk Romawi
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (I)Telah ada 300 SM, akuaduk atau kanal air adalah struktur paling maju dan modern yang pernah dibangun oleh masyarakat Romawi. Melayani populasi lebih dari 1 juta jiwa, ada total 11 saluran air yang memakan waktu hampir 500 tahun untuk menyelesaikan semuanya. Lebih hebatnya lagi, banyak diantara saluran air ini berada di bawah tanah. Saluran air tersebut digali melalui batuan.
Aspek yang benar-benar menakjubkan dari Akuaduk di Roma adalah dari 260 mil struktur saluran air, hanya 30 mil yang berada di atas permukaan tanah.
Banyak di antara saluran air tersebut masih digunakan hingga saat ini

Coloseum
Secara resmi dikenal sebagai Amphitheatre Flavianus, Coloseum diresmikan sekitar 70 M oleh Kaisar Vespasian sebagai hadiah untuk orang-orang Roma.
Ada sekitar dua-pertiga dari Coloseum yang telah hancur karena bagian-bagiannya “dijarah”, digunakan untuk bahan bangunan selama berabad-abad. Coloseum adalah amphitheatres terbesar di dunia Romawi dan memerlukan 10 tahun membangun seluruhnya.
Di masa jayanya, Coloseum mampu menampung lebih dari 50.000 penonton dan memiliki banyak air mancur minum dan jamban.
Meskipun sejumlah teknologi telah ada pada saat itu, sulit untuk membayangkan bagaimana Romawi kuno mencapai akurasi dan pengerjaan yang sempurna seperti itu.

Piramida di Giza
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (I)Dibangun 2550 SM, Piramida Giza adalah tujuh keajaiban tertua di dunia kuno. Meski permukaannya sekarang terlihat kasar, piramida ini dahulu sangat halus karena berlapis batu kapur. Namun banyak yang hilang dijarah seiring dengan pembangunan Kota Kairo.
Piramida Giza adalah yang terbesar dari tiga piramida, yang dikenal sebagai The Great Pyramid yang dibangun untuk menghormati pemakaman Firaun Khufu. Pembangunannya memakan waktu 20 tahun dan melibatkan 100.000 orang.
Blok batu kapur yang digunakan untuk membangun piramida memiliki berat rata-rata 2,5 ton namun ada beberapa hingga mencapai 16 ton. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana peradaban yang ada begitu lama mampu memindahkan blok besar tersebut, khususnya yang menuju puncak piramida yang memiliki kemiringan yang besar.
Diperkirakan bahwa mereka mungkin telah menggunakan sistim katrol yang canggih tetapi tidak ada bukti telah ditemukan untuk mendukungnya sampai saat ini.

Gobekli Tepe
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (I)Dibangun 9000 SM, Gobekli Tepe di Turki adalah salah satu dari struktur batu tertua di dunia. Struktur yang didirikan pada Zaman Batu ini usianya 6000 tahun lebih tua dari Stonehenge.
Gobekli Tepe tersusun dari pilar-pilar batu besar yang dipahat dan dibangun sebelum manusia mulai bercocok tanam. Hal ini bertentangan dengan pemikiran sejarah bahwa manusia baru belajar membuat bangunan setelah bercocok tanam agar bisa berteduh.
Dari puing-puing yang tersisa, Gobekli Tepe diperkirakan adalah tempat pemujaan.

Kota Kuno Pumapunku
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (I)Pumapunku adalah sebuah kota yang dibangun di Bolivia kuno oleh orang-orang Tiwanaku dan diperkirakan berusia antara 12-14 ribu tahun. Dengan demikian, Pumapunku diakui sebagai struktur batu tertua di Bumi.
Struktur kuil-kuil di Pumapunku disusun seperti blok-blok Lego dan beberapa batu penyusunnya sangat besar dengan berat hingga 130 ton. Hebatnya, batu-batu tersebut dipotong sangat presisi dan sulit membayangkan bagaimana mereka dipindahkan dengan teknologi saat itu. Bahkan roda pun masih belum ditemukan.
Walaupun orang-orang Tiwanaku akhirnya lenyap, peradaban yang mengikutinya, Inca, menganggap Pumapunku sebagai pusat dunia dan orang-orang yang menciptakannya sebagai dewa.

Kota Bawah Tanah Bertingkat Derinkuyu
14 Struktur Kuno dari Masa Depan (I)Terletak di Distrik Derinkuyu di Provinsi Nevehir, Turki, kota bawah tanah kuno yang bertingkat-tingkat ini dalamnya 60 meter. Dengan kedalaman seperti itu sudah lebih dari cukup untuk menampung kira-kira 20 ribu orang, termasuk dengan hewan ternak dan stok makanan lainnya.
Kota bawah tanah Derinkuyu adalah kota bawah tanah terbesar yang pernah digali di Turki dan sejak dibuka pada 1969, hanya setengah dari kota menakjubkan ini yang baru bisa diakses turis.
Kota ini diperkirakan mulai dibangun antara abad 7-8 SM. Setelah melalui banyak penambahan ruang di sana-sini, pembangunan terhenti di zaman Kekaisaran Bizantium (Kekaisaran Romawi Timur) antara tahun 780-1180.












sumber : http://www.dream.co.id/

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca