Label

Rabu, 08 Agustus 2012

Kain


kain-songket

Pengertian Kain

kain merupakan bahan buatan fleksibel dibuat oleh jaringan dari serat alami atau buatan. Contoh benang atau benang dibentuk oleh tenun atau rajut seperti pada tekstil. Kain ini banyak digunakan dalam pembuatan pakaian dan home furnishing dll kain yang dibuat kekuatan bervariasi banyak dan tingkat daya tahan, dari yang terbaik kain tipis untuk kanvas sailcloths kokoh.

Sejarah Kain


1.kain sutra
Pasti.Tapi sejarah penemuan yang diawali dengan penemuan benang kain sebenarnya tidak didokumentasikan mungkin masih membingungkan dapat berguna menurut cerita, sutra diduga berasal dari Cina. Oleh karena itu, tembok Cina yang terkenal juga dikenal sebagai jalur sutra perdagangan.

2.kain gringsing
Berdasarkan mitos, kain tenun gringsing berasal dari Dewa Indra, pelindung dan guru kehidupan bagi masyarakat Tenganan. Dewa Indra kagum dengan keindahan langit di malam hari dan dia menggambarkan keindahan motif tenun melalui kepada rakyat pilihannya, orang-orang Tenganan. Allah yang mengajarkan perempuan untuk menguasai teknik tenun yang menggambarkan gringsing dan menangkap keindahan bintang-bintang, matahari, bulan dan bentangan langit lainnya. Kain tenun secara alami gelap Tenganan masyarakat digunakan dalam ritual keagamaan atau adat dan diyakini memiliki kekuatan magis. Kain ini juga menyebutkan alat yang dapat menyembuhkan penyakit dan menangkal pengaruh buruk. Ini menyatakan bahwa ahli tekstil kain tenun gringsing teknik hanya ditemukan di tiga lokasi di dunia, Tenganan (Indonesia), Jepang, dan India.

3.kain filter dari Lampung
Saringan kain adalah salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung menyelaraskan kehidupan mereka baik di lingkungan dan Pencipta Alam Semesta. Oleh karena itu munculnya kain Tapis diambil melalui tahapan yang mengarah pada teknik tenunnya kesempurnaan, serta cara untuk menyediakan dekorasi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat.

JENIS KAIN



1.Kapas adalah kain dari serat yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di dunia karena fleksibilitas dan kemampuan untuk memberikan kenyamanan yang baik, terutama pada item pakaian, keuntungan dari kain ini kain yang lembut,! Alam, serat nabati yang diperoleh dari benih-pod dari kapas. Penggunaan kapas digunakan dalam pakaian yang beragam seperti, perabot rumah, handuk, karpet, dan benang jahit dll

2.Polyester adalah jenis kain, sintetik serat buatan diproduksi, beberapa fitur lipatan resistensi, ini adalah jenis bahan serat yang sangat penting dalam jok, yang sering digunakan dalam warps karena kuat dan inexpensiveness.advantages kain ini! kemampuan untuk cepat kering, bentuk retensi dalam pakaian, kekuatan tinggi, ketahanan abrasi, dan persyaratan perawatan yang minimal.

3.Sutra adalah serat filamen alami yang dihasilkan oleh ulat dalam kepompong. Sebagian besar cacing sutra dikumpulkan dari budidaya, adalah serat, pendek tebal yang dihasilkan oleh cacing di habitat alami mereka. Terutama ditemukan di Asia ada beberapa jenis sutra seperti sutra tussah liar dan sutra dll
4.Acrylic, ini adalah serat sintetis. Memiliki wol, lembut seperti tangan, dan secara umum dapat dicelup dalam berbagai warna cerah. Sinar matahari adalah daya tahan yang sangat baik dan tahan kerut \ ’s fitur yang besar.
5.Velvet yang merupakan jenis populer kain kain pada dasarnya adalah jenis kain di mana tumpukan dalah warp baris tumpukan dipotong berdiri begitu dekat bersama untuk membentuk sebuah bahkan, permukaan seragam.

6.Damask sebagian besar dibuat di cina dan itu adalah tegas, glossy Jacquard bermotif kain. Ini adalah kain reversibel yang ditandai dengan kombinasi tenun satin dan saten, Anda dapat membedakannya dari tanah dengan membandingkan kilau.

Beberapa brokat lain kain, chenille, crewel, linen, rayon, taffeta satin dll Beberapa definisi yang berhubungan dengan bordir, yang berkaitan dengan dekorasi kain atau pakaian di mana benang berwarna yang dijahit ke kain untuk membuat sebuah desain. Hal ini dapat dilakukan baik dengan tangan atau mesin. Grois Point itu adalah kain yang memiliki titik besar pada permukaan benang kain, tangan adalah cara kain terasa bila disentuh dan dicetak kain tekstil yang mengacu pada elemen desain atau motif yang diterapkan pada permukaan seperti kain dalam pewarna atau pigmen.

gambar-kain-tenun-tradisional

kain-sutera-bugis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : http://kreasijepara.blogdetik.com/

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca