Label

Jumat, 28 September 2012

Dibalik Layar Sentuh


Layar Sentuh 1

Layar sentuh atau touch screen digunakan di handphone, ATM, televisi di pesawat terbang, alat penunjuk arah dan lokasi di mal, dan sebagainya.
 
Layar sentuh memiliki tiga komponen utama, yaitu :
Touch sensor
atau sensor sentuh adalah lapisan penerima sentuhan dari luar monitor. Letaknya di bagian terdepan dari layar sentuh. Sensor ini sangat peka terhadap sentuhan.
Ketika disentuh, sensor ini menangkap adanya perubahan arus dan sinyal listrik. Lalu, sensor ini merekam perubahan tadi dan mengirimkannya pada pengontrol.
Layar Sentuh 2

Controller atau pengontrol adalah penghubung antara sensor dengan prosesor komputer. Ketika sensor merekam sentuhan, datanya diteruskan ke pengontrol.
Kemudian, pengontrol mengolah data tadi agar dapat diterima prosesor komputer. Lalu, prosesor memproses lagi data itu. Selanjutnya, data dikirim kembali ke pengontrol. Akhirnya, data menjadi informasi yang ditampilkan di layar monitor.
Software driver adalah software atau perangkat lunak yang diinstal pada komputer. Tugasnya, mengatur agar layar sentuh dan komputer dapat bekerjasama. Caranya, dengan mengatur prosesor komputer untuk mengolah data dari pengontrol.
Layar Sentuh 3

Capacitive
Layar sentuh ini memanfaatkan arus listrik dari tubuh manusia. Ketika jari menyentuh layar, terjadi perubahan arus listrik. Perubahan ini dikirim ke sensor sentuh. Lalu, diteruskan ke pengontrol.
Layar sentuh ini hanya bekerja dengan sentuhan jari. Kalau disentuh benda-benda lain seperti kuku jari dan stylus, layar ini tidak bereaksi.
 
Resistive
Jenis layar sentuh ini memiliki beberapa lapisan. Tapi, ada dua lapisannya yang terpenting. Jarak antar kedua lapisan itu dekat sekali. Jika layar disentuh atau ditekan, kedua lapisan itu akan bersentuhan.
Akibatnya, membangkitkan arus listrik. Arus listrik itu menandakan letak posisi sentuhan. Selanjutnya, arus listrik itu dikirim ke pengontrol untuk diproses.
Layar sentuh ini dapat disentuh jari, kuku jari, stylus, dan lainnya. Sayangnya, kadang, kurang peka sehingga perlu lebih ditekan. Oiya, stylus itu benda mirip pulpen yang digunakan pada layar sentuh.

Surface Acoustic Wave

Layar sentuh ini menggunakan gelombang ultrasonik yang melewati layar sentuh. Ketika lapisan layar disentuh, sebagian gelombang akan terserap. Perubahan gelombang itu menandakan letak posisi sentuhan. Kemudian, perubahan gelombang dikirim ke pengontrol untuk diproses.
 
Multi Sentuh
Layar Sentuh 4

Layar sentuh dikembangkan lagi supaya makin canggih. Maka, diciptakanlah layar multi sentuh atau multi-touch screen. Multi, kan, artinya banyak. Jadi, layar ini dapat disentuh lebih dari 1 jari. Bahkan, bisa disentuh puluhan jari dari tangan orang yang berbeda-beda secara bersamaan.
Dengan layar multi sentuh, kita bisa membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi obyek pada layar monitor. Obyeknya misalnya foto atau games. Layar multi sentuh dipakai di handphone, komputer, MP3 player, dan lainnya. Selain itu, ada pula yang berupa meja kaca.
Pada dasarnya, teknologi layar multi sentuh sama dengan teknologi layar sentuh 1 jari. Hanya saja, ditambah sistem-sistem lain yang bereaksi saat disentuh banyak jari. Setiap layar multi sentuh punya sistemnya masing-masing. 
















sumber : http://www.kidnesia.com/

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca