Label

Jumat, 19 Juli 2013

Cara Membuat Kolak Pisang yang Khas & Spesial untuk Keluarga



Kolak pisang merupakan salah satu menu khas yang nikmat. Setiap daerah di Indonesia memiliki menu kolak pisang sebagai salah satu menu lokal mereka, tentu saja hal ini dikarenakan pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah di dapatkan, karena jenis buah ini sangat mudah tumbuh dalam berbagai cuaca.

Pisang sendiri merupakan salah satu buah yang menjadi salah satu bahan baku utama dalam membuat kue-kue khas. Di kalangan Bugis dan Makassar misalnya, aneka menu khas daerah banyak didominasi oleh menu jajanan yang terbuat dari bahan dasar pisang. Di daerah lain juga bisa kita dapatkan berbagai cara membuat kolak pisang yang beragam, maka buatlah kolak pisang yang sesuai dengan selera anda.

Bagi anda yang ingin menyajikan menu spesial yang khas dengan rasa yang nikmat, berikut ini adalah cara membuat kolak pisang dilengkapi dengan beberapa tips bermanfaat. Menu kolak pisang ini cocok dinikmati bersama keluarga di sore hari. Selamat mencoba;



Kolak pisang spesial dengan aneka bahan tambahan


Pisang :
Pisang untuk kolak bisa meenggunakan jenis pisang raja, pisang oli, pisang tanduk, pisang kepok atau raja nangka. Pilih yang masak pohon agar rasanya manis enak dan tidak keras sepet. Jika memakai pisang raja sebaiknya kukus dulu pisang. Karena pisang raja biasanya membuat kuah kolak kebiruan jika direbus bersama santan. Kupas pisang lalu potong-potong ukuran sedang.

Santan:
Untuk rasa gurih manis sebaiknya pakai santan dari kelapa segar. Peras air santan hingga mendapatkan yang sedang kekentalannya. Pilih kelapa yang merah karena jika memakai kelapa hijau santan agak dekil warnanya.

Gula:
Gunakan gula aren atau gula Jawa yang bersih dan agak gelap warnanya agar warna kolak menjadi karamel cantik. Sisir halus gula Jawa, masak bersama 20% gula putih (dari jumlah seluruh gula) dengan sedikit air hingga larut. Saring air gula ini agar kolak bersih. Tambahan sedikit gula pasir akan membuat kolak lebih legit atau tidak asam.

Pandan:
Tambahkan beberapa helai daun pandan agar aroma kolak lebih enak. Rebus santan, air gula kental dan daun pandan hingga mendidih dengan api kecil. Masukkan pisang, atau tambahan ubi dan buah atap. Rebus hingga pisang lunak.

Bahan Tambahan:
Agar kolak enak dan padat isinya bisa ditambahkan ubi, labu kuning dan buah atap dalam isiannya. Untuk menambah aroma bisa ditambahkan nangka, tapi singkong atau kurma. Masukkan bahan ini setelah pisang lunak karena nangka, tapai dan kurma sudah matang. Didihkan sebentar lalu angkat.





































sumber : http://www.makanansehat.web.id

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca