Label

Jumat, 28 Maret 2014

Bagaimana Cara Kerja Black Hole (Lubang Hitam)



Apa itu black hole (lubang hitam)? Apakah benar-benar ada? Pada artikel ini kita akan mengulas mengenai black hole (lubang hitam) dan menjawab semua pertanyaan itu..

Apa itu Black Hole?
Sebuah black hole (lubang hitam) adalah sisa dari sebuah bintang raksasa yang mati.
Karena bintang mempunyai ukuran sangat besar dan terbuat dari gas, ada medan gravitasi yang kuat yang selalu mencoba untuk meruntuhkan bintang. Reaksi fusi yang terjadi di inti seperti bom fusi raksasa yang sedang mencoba meledakkan bintang. Keseimbangan antara gaya gravitasi dan kekuatan ledakan adalah yang menentukan ukuran bintang.
Pada bintang yang mati, reaksi fusi nuklir berhenti karena bahan bakar untuk reaksi ini telah terbakar habis. Pada saat yang sama, grafitasi menarik materi kedalam dan memadatkan inti. Inti yang dipadatkan menjadi memanas dan akhirnya menciptakan ledakan supernova dimana material dan ledakan radiasi keluar ke angkasa. Apa yang tersisa menjadi sangat padat di intinya dan sangat besar. Gravitasi di intinya sangat kuat, bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri.
Objek ini sekarang menjadi lubang hitam dan secara harfiah lenyap dari pandangan. Karena gravitasi inti begitu kuat, intinya tenggelam melalui tatanan ruang-waktu, menciptakan sebuah lubang dalam ruang-waktu. Ini yang menyebabkan benda ini di sebut lubang hitam (black hole).
Inti di bagian tengah dari lubang hitam di sebut singularity. Bagian terbukanya lubang disebutevent horizon.
Anda dapat menganggap event horizon sebagai mulut dari lubang hitam. Setelah sesuatu melewati event horizon maka ia akan pergi untuk selamanya. Begitu berada di dalam event horizon, semua kejadian (ruang-waktu) berhenti dan tidak ada (bahkan cahaya) yang dapat melarikan diri.
Tipe dari Black Hole
Ada dua tipe dari black hole :

Schwarzschild - black hole yang tidak berotasi
Kerr - black hole yang berotasi Lubang hitam Schwarzschild adalah lubang hitam yang paling sederhana, di mana intinya tidak berputar. Jenis lubang hitam hanya memiliki sebauh singularity dan event horizon.
The Kerr black hole, which is probably the most common form in nature, rotates because the star from which it was formed was rotating. When the rotating star collapses, the core continues to rotate, and this carried over to the black hole (conservation of angular momentum). The Kerr black hole has the following parts:
Lubang hitam Kerr, yang mungkin merupakan yang paling umum, berputar karena bintang dari mana ia terbentuk berputar. Ketika bintang runtuh berputar, inti terus memutar, dan ini terbawa ke lubang hitam (konservasi momentum sudut).Lubang hitam Kerr memiliki bagian-bagian berikut:

Singularity – Inti
Event horizon – bagian terbukanya lubang
Ergosphere - Sebuah wilayah berbentuk telur yang menyimpang di sekitar event horizon (penyimpangan ini disebabkan oleh perputaran dari lubang hitam, yang mengisap ruang di sekitarnya.)
Limit Statics - batas antara ergosphere dan ruang normal Jika suatu benda masuk ke dalam ergosphere dalam hal ini masih dapat terlontar keluar dari lubang hitam dengan memperoleh energi dari rotasi lubang itu.
Meskipun kita tidak dapat melihat lubang hitam, ia memiliki tiga sifat yang bisa atau mungkin bisa diukur:

Massa
Muatan listrik
Laju rotasi (momentum sudut) Sampai sekarang, kita hanya bisa mengukur massa lubang hitam handal oleh pergerakan benda-benda lain di sekitarnya. Jika lubang hitam memiliki pendamping(bintang lain), maka memungkinkan untuk mengukur radius rotasi atau kecepatan orbit bahan di sekitar lubang hitam yang tak terlihat. Massa dari lubang hitam dapat dihitung dengan menggunakan Hukum Modifikasi Kepler Ketiga Planetary Motion atau gerak rotasi.
Bagaimana mendeteksi Black Hole
Meskipun kita tidak dapat melihat lubang hitam, kita dapat mendeteksi atau menduga adanya black hole dengan mengukur dampaknya pada benda-benda di sekitarnya. Berikut efek yang dapat digunakan:

Perkiraan massa dari benda yang mengorbit lubang hitam atau melingkar ke inti
Efek lensa gravitasi
Memancarkan radiasi


Penting untuk diingat bahwa lubang hitam bukan vakum cleaner kosmik – mereka tidak akan mengkonsumsi segala sesuatu. Jadi, walaupun kita tidak dapat melihat lubang hitam, ada bukti langsung bahwa mereka ada.









sumber : http://blogrhul.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca