Label

Jumat, 28 Maret 2014

Bagaimana Jika di Bumi Tidak Ada Gravitasi atau Menjadi Dua Kali Lipat?




Gravitasi adalah sesuatu hal yang penting yang telah dianugrahkan dalam kehidupan kita. Ada dua hal yang kita tahu tentang ini yaitu kenyataan bahwa grafitasi selalu ada dan tidak pernah berubah. Jika gravitasi bumi berubah secara signifikan, itu akan menyebabkan efek yang sangat besar pada hampir segalanya karena banyak hal yang dirancang sesuai dengan kondisi gravitasi di bumi.

Namun sebelum melihat perubahan gravitasi, sebaiknya kita mengetahui apa itu gravitasi. Gravitasi adalah gaya tarik antara dua atom. Katakanlah Anda mengambil dua buah bola golf dan menempatkan mereka di atas meja. Maka Akan ada gaya tarik yang terjadi antara atom di dalam kedua bola golf tersebut walaupun sangat sedikit. Jika Anda menggunakan dua potong besar timah dan beberapa bahan yang tepat, anda dapat mengukur daya tarik yang terjadi. Itu bisa anda ukur hanya bila Anda mendapatkan jumlah atom yang besar bersamaan, seperti dalam kasus dari grafitasi planet bumi.

Alasan mengapa gravitasi di bumi tidak pernah berubah adalah karena massa bumi tidak pernah berubah. Satu-satunya cara untuk tiba-tiba mengubah gravitasi di Bumi adalah mengubah massa dari planet ini. Sebuah perubahan massa yang sangat besar yang cukup untuk mengakibatkan perubahan pada gravitasi tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Jadi bisakah kita hidup tanpa gravitasi??

Tapi mari kita mengabaikan ilmu fisika dan membayangkan bahwa suatu hari gravitasi di planet ini dimatikan, dan tiba-tiba tidak ada gaya gravitasi di planet bumi. Hal ini akan berubah menjadi hari yang sangat buruk. Kita tergantung pada gravitasi untuk menahan banyak hal untuk tetap dibawah seperti mobil, orang, perabotan, pensil dan kertas di meja Anda, dan seterusnya. Semuanya tidak menempel di tempatnya tiba-tiba tidak akan punya alasan untuk tetap di bawah, semua itu akan mulai melayang. Tapi itu bukan cuma perabotan dan semacamnya yang akan mulai melayang. Dua hal yang lebih penting dari gravitasi adalah atmosfir dan air laut, danau, dan sungai. Tanpa gravitasi, udara di atmosfer tidak memiliki alasan untuk berkeliaran, dan segera akan melompat ke ruang angkasa. Tanpa atmosfir, semua makhluk hidup akan segera mati dan cairan apa pun akan mendidih pergi ke ruang angkasa.




Dengan kata lain, tidak ada seorangpun yang akan bertahan lama jika planet ini tidak memiliki gravitasi.

Jika gravitasi tersebut dengan tiba-tiba menjadi dua kali lipat, maka itu hampir sama buruknya, karena semuanya akan dua kali lipat lebih berat. Akan ada masalah besar dengan bangunan apa pun. Rumah, jembatan, gedung pencakar langit, kaki meja, tiang penopang dan sebagainya menjadi lebih berat dibanding gravitasi normal. Sebagian besar bangunan akan runtuh dengan cepat jika kita melipatgandakan bebannya. Pohon-pohon dan tanaman juga akan mendapatkan masalah. Saluran listrik akan mendapatkan masalah. Tekanan udara menjadi dua kali lipat dan itu akan berdampak besar pada cuaca.

Jawaban ini hanya menunjukkan bagaimana grafitasi tak terpisahkan untuk dunia kita. Kita tidak bisa hidup tanpa grafitasi, dan kita tidak bisa mengubahnya. Ini adalah nilai konstanta yang sebenarnya dalam hidup kita!












sumber : http://blogrhul.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Paling Sering Dibaca